Bungkam Suara: Pengungkapan Durian Busuk di Hari Bebas Bicara

 

Pengungkapan Durian Busuk di Hari Bebas Bicara


Di NKAL (Negara Kesatuan Adat Lemunesia) setiap gerak gerik rakyat diawasi oleh CCTV, jika ketahuan salah bicara harus berhadapan dengan kepolisian kerajaan. Para pemimpin NKAL menyediakan satu hari dalam setahun dimana rakyatnya bebas mengatakan apa saja. Mereka menamakannya Hari Bebas Bicara. 

Setahun yang lalu, ayah Timmy ditangkap karna terjerat kasus kriminal tingkat tinggi. Kehidupan keluarganya pun berubah, mulai dari kehilangan pekerjaan hingga menuai banyak cibiran. Timmy berencana untuk membalaskan dendam dan mengungkap fakta sebenarnya di Hari Bebas Bicara tahun ini.

Kesempatan itupun datang, Timmy tiba-tiba terlibat dengan kelompok perancang propaganda terkomputasi di negerinya. Ternyata segala hal yang terjadi di tengah masyarakat sudah ada yang merancangnya dengan rapi. Namun bukan berarti langkah Timmy jadi mudah, petualangan besar tlah menunggu Timmy di esok hari. 

Sedikit Review

Negara fiktif NKAL disusun dengan rapi oleh sang penulis. Dari sistem pemerintahannya sampai deskripsi bentuk negaranya. Jadi NKAL ini jauh lebih maju dibandingkan negara lainnya. Nama kementriannya unik dan lucu2, kreatif bangett sih. Ada KENASIAL, KETEK GATAL, KESELEKSETAN, dll.

Genrenya fiksi tapi sangat terinspirasi dari kejadian di dunia nyata. Tepatnya non fiksi yang dikemas dalam bentuk fiksi. Cuitan netizen NKAL di sosmednya juga sama aja kek di negeri tercinta ini.
Sangar jugaa satire-satire politiknya, apalagi bahasan soal propaganda yang udah disetel sedemikian rupa. 

Jadi bayangin seandainya Hari Bebas Bicara diterapin di negeri ini bakal gimana yaa? Keknya bakal chaos abis sihh apalagi di jaman yang apa-apa serba viral gini.

Di sisi lain aku nangkepnya, betapa mudahnya kita terbius dengan berita yang tersebar di dunia maya. Kadang belum tentu itu benar tapi udah kepancing duluan emosinya, beberapa kali kejadian kan ternyata fakta sebenarnya ga gitu.

Petualangan Timmy bener-bener berasa nonton film action campur science fiction saking serunya. Kebayang seberapa canggih NKAL dengan segala macam teknologinya.

Akankan Timmy berhasil menuntaskan misinya? Siapa sih durian busuk sebenarnya? Kalian harus baca bukunya sampai akhir buat tahu jawabannya.

About This Book

  • Judul Buku : Bungkam Suara
  • Penulis : J. S. Khairen
  • Published : 2023
  • Publisher : Gramedia Widia Sarana
  • Bahasa : Indonesia
  • Jumlah Halaman : 376 halaman
  • Baca di Gramedia Digital
  • Genre : Fiksi – Satire Politik, Action    

Komentar

Postingan Populer